2.15.2009

Hari Kanker Anak Internasional

Pada tau gak, klo hari ini hari kanker anak sedunia (15/2/2009). Klo belum tau ya, ne kie kasih tau. kie juga baru tau kok beberapa bulan yang lalu. Apa yang kalian bayangan saat menginggat kata- kata "KANKER"? pasti ada yang bilang mematikan, menakutkan n moga - moga aku gak kena. Sebenarnya Kanker gak mematikan klo ditangani dengan benar. Menurut data statistik dari International Agency for Research on Cancer (IARC), satu dari 600 anak akan menderita kanker sebelum usia 16 tahun. Kanker pada anak merupakan masalah yang kompleks mengingat perawatan dan pengobatannya melibatkan selain orangtua, tenaga profesional dan tak kalah penting adalah keluarga besar, sekolah dan lingkungan turut berperan. Nah, bagi yang punya temen, Saudara, tetangga yang punya penyakit kanker, ayo kita beri dukungan pada mereka.
Berdasarkan catatan International Confederation of Childhood Cancer Parent Organizations (ICCCPO), jumlah anak penderita kanker di seluruh dunia diperkirakan berjumlah 250.000 atau sekitar empat persen dari seluruh penderita kanker. Dari jumlah tersebut, 20 persen saja yang memperoleh perawatan memadai. Sisanya belum mendapatkan perawatan semestinya, biasanya dikarenakan faktor ekonomi.
Di Indoneisa, menurut catatan Departemen Kesehatan (Depkes), penderita kanker setiap tahunnya diperkirakan mencapai 100 penderita baru di antara 100.000 penduduk. Dengan jumlah penduduk 200 juta, maka diperkirakan setiap tahunnya ditemukan sekitar 200.000 penderita kanker baru di Indonesia.
Jenis kanker yang sering ditemukan pada anak antara lain, kanker darah atau leukemia, tumor otak, kanker kelenjar getah bening alias limfoma, kanker retinoblastoma atau mata, kanker saraf atau neuroblatoma, kanker ginjal, kanker jaringan otot lurik atau rabdomiosamiosarkoma dan kanker tulang yang populer dengan nama osteosarkoma.

2.10.2009

Sayonara My Love

saat aku memilihnya
aku tau resiko apa yang ada
aku akan kehilangannya
suatu saat...
jika kami sudah tak sepaham lagi
tapi.....
aku tak pernah menyangka
aku tak bisa bertegur sapa dengannya lagi
dia telah pergi jauh
tak dapat kutemui lagi
walaupun aku ingin bertemu dengannya
susah bagiku untuk melepaskannya
namun saat ini,
aku telah iklas melepaskannya
agar dia bahagia
dengan tersenyuman, aku dapat berkata "Selamat Tinggal, Sayonara"