10.21.2009

Kenali Gejala Stroke....

Apa yang terlintas dalam benak kalian ketika mendengar penyakit stroke? Usia tua, uzur ternyata bukan. Waspadalah bukan tak mungkin usia 30 adalah rawan stroke. Lalu apa yang terjadi? Kenalilah Stroke...
Stroke adalah suatu serangan otak. Serangan ini terjadi bila pasokan darah mengalami perubahan dan jaringan otak kekurangan darah. Jika dalam waktu 4 menit sel-sel otak kekurangan zat gizi penting,maka sel-sel tersebut akan mati.

Ada dua jenis stroke yang utama :

1. Iskemik

Yaitu menumpuknya timbunan lemak yang mengandung kolesterol atau plak dalam pembuluh darah. Pertumbuhan plak ini akan membuat dinding dalam arteri menjadi kasar dan menghalangi aliran darah. Darah yang kental akan tertahan dan menggumpal sehingga pasokan oksigen ke otak menjadi lambat.

Biasanya gejala singkat yang timbul karena terganggunya pasokan darah itu disebut Transient Ischemic Attack (TIA) atau gangguan peredaran darah sesaat di otak. Sewaktu serangan terjadi, tubuh akan melepaskan enzim yang akan melarutkan gumpalan tersebut dengan cepat dan memperbaiki aliran darah.

2. Hemoragik / perdarahan

Jenis stroke ini terjadi bila salah satu pembuluh darah di otak bocor atau pecah. Darah yang keluar dari pembuluh yang bocor akan mengenai sel-sel otak dan jaringan otak sehingga menimbulkan kerusakan. Meskipun serangan ini jarang terjadi dibandingkan dengan stroke iskemik, tetapi stroke ini lebih sering mematikan. Biasanya sekitar 50 persen penderitanya meninggal dunia. Pada umumnya stroke ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi), namun bisa juga disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah/aneurisma, yang terbentuk akibat faktor usia dan keturunan. Stroke yang menyerang orang muda biasanya tipe hemoragik.

Kenali tanda-tandanya

Bila kalian mendapati satu atau lebih tanda-tanda berikut ini,segera periksakan diri kalian ke dokter. Bisa jadi tanda-tanda ini mengisyaratkan kemungkinan terkena stroke.

1.Rasa lemah dan mati rasa mendadak pada wajah, lengan dan kaki pada salah satu tubuh
2.Kehilangan penglihatan pada salah satu mata atau penglihatan menjadi gelap dan kabur
3. Mengalami kesulitan berbicara dan memahami pembicaraan
4.Sakit kepala yang hebat secara mendadak tanpa diketahui penyebab yang jelas dan bahkan menyebabkan terjatuh

1 comments:

dias said...

siiip...

iku jupuk teko ndi??

dikasih sumbernya ya..

Post a Comment