10.30.2009

Talasemia

Hari ne kie mau bagi - bagi ilmu yang q dapetin kemarin gara - gara ikutan seminar di kampus yang judulnya "Pekan Rotary mencegah Talasemia"

Judulnya keren ya.....
Temen - temen da yang tau Talasemia ga? Klo belum Tau kie kasih tau, Talasemia adalah merupakan salah satu jenis anemia hemolitik dan merupakan penyakit keturunan yang diturunkan secara autosomal yang paling banyak dijumpai di Indonesia dan Italia. Enam sampai sepuluh dari setiap 100 orang Indonesia membawa gen penyakit ini. Ya anggep ja 1 :10. Lumayan mengerikan kan?
Talasemia itu ada talasemia mayor dan ada talasemia carier(separuh - separuh). Talesemia itu gak ada obatnya dan gak bisa semua, karena itu merupakan penyakitan darah keturunan. Tapi tenang ja kog, talasemia bisa di cegah.

Cara penyelamatan buat orang yang terkena talasemia, dengan cara tranfusi darah tiap bulan malah ada yang tiap minggu. Orang talasemia kayak drakula. Nah da yang tau gak klo sering orang yang kena talasemia gak dapat menyebabkan zat besi yang dalam tubuhnya. mereka menyeluarkan dengan meminum obat namanya desferoksamin dan harganya mahal banget.

Cara penyegahannya, gampang kg bagi orang belum menikah dan akan menikah lebih baik memeriksakan dirinya ke dokter. apakah anda dan pasangan anda talasemia carier atau bukan jika anda normal pasangan anda talasemia carier. silakan menikah, ataupun sebaliknya. jika anda dan pasangan anda talasemia carier semua, kie sarankan jangan menikah deh....
kasihan salah satu anak anda nantinya kena talasemia major, yang membutuhkan tranfusi darah terus meneruh sepanjang hidupnya.

nah sekian penjelasan dari kie masalah talasemia. wei ikut seminar ternyata gak da ruginya, dapet ilmu lagi.....

source : seminar "Pekan Rotary mencegah Talasemia"
wikipedia.org

2 comments:

dias said...

wah...cek darah dulu ya...

kiekie said...

@ dias : yo ha ded, cek dulu kasihan ntar anakanya. Inget cinta sekarang tuh pakai logika and mikirin masa depan.....

ciee bahasae kie rek...

Post a Comment